Viewer This Blog

Sabtu, 05 September 2015

Antara Debit, Kredit, Pegadaian dan Cash.

salam hangat buat kalian pembaca artikel ini. so, kalian ga akan kecewa dengan artikel ini, mungkin.

pada pembahasan kali ini gue mau ngebahas ini tentang kartu debit, kredit, pegadaian dan uang cash.
kalau kalian belum ngerti sama judul artikelnya mending cari di google doloe aja gaes. biar ga bingung pas gue jelasin nantinya. 

jadi kemarin gue mau beli laptop nih gaes, tapi gue ga punya uang. di dompet cuma ada 1 juta. cuma 1 juta mau beli laptop? lucu ye. nah, sehari sebelum gue beli laptop nih, gue menjelajahi mbah google sembari cari informasi buat nentuin laptop yang cocok. temen-temen kampus yang sekelas juga ikut ngebantu buat gue nentuin laptop. 

akhirnya gue nentuin 3 merek laptop yang menurut gue ini rekomendasi terbaik dari google. sorry gue bawa-bawa merek ya. 1. ASUS, 2. Lenovo, 3. Dell. temen gue kebanyakan pakai asus dan lenovo. entah kenapa itu merek leptop terkenal banget di kelas, hahaha. gue tanya ketemen dan menelusuri mbah google dan akhirnya gue nemuin beberapa informasi tentang 2 merek itu. 

 Kelebihan asus itu banyak gan, tapi ga bisa gue sebutin semua karena kalau gue sebutin semua ga bakal muat nih artikel. asus itu bagus dibidang motherboardnya, beberapa orang mengatakan bahwa asus ini terkenal karena motherboardnya yang mampu bersaing dengan merek-merek lain. coba ente liat di konter-konter laptop contoh di bcp. beehh, asus dimana-mana. ibarat lu nyari laptop itu mustahil banget kalau ga dapet. gue naik ke lantai 2 lewat es kalathor, terus tengok kan langsung ketemu asus. tengok kiri asus, maju ada asus dan mundur juga asus. maju mundur cantik-cantik ala syarini. pokoe itu merek terkenal abis deh. salut gue sama asus. persaingannya ketat banget. kalau harga disebelah lebih murah sedikit aja pasti konsumen pindah. selanjutnya, dari tampilan asus juga bagus gaes, kereativ, ga ngebosenin, dan bentuknya pun variatif. ada yang kecil imut-imut dan ada juga yang besar layaknya moge (modelgede dan modalgede). selain itu ada beberapa kekurangan yang gue tau, diantaranya, mesin cepat panas sehingga mengakibatkan rasa panas yang berlebih di badan laptopnya dan kalau terus menerus panas seperti itu, bahaya juga buat vga nya. tapi tenang gaes, ada solusi buat mengatasi masalahnya yaitu beli aja kipas buat laptop. variasinya ada banyak tapi gue saranin cari yang kipasnya gedean supaya anginnya kencang. asus itu mesinnya kurang bandel, itu menurut pendapat temen gue. gue juga ga ngerti apa maksud dari perkataannya, hahaha. oh iya, kebanyakan laptop itu kan udah jadi satu sama cd drivenya. itu loh, tempat masukin cd ke laptop gaes. coba cek disebelah kiri laptopnya biasa disitu dia mangkal. nah kalau laptop yang kayak gini tuh menurut gue agak parno juga sih. menurut gue gaes. sebab kalau ada apa-apa dibagian cd nya yang disitu tuh (rusak) lo mesti service sama laptop-laptopnya gaes. jadi kudu di bongkar total. logikanya gitu. ya mungkin itu aja lah yang gue tau. kalau gue sebutin yang lain malah lu ga jadi beli. ntar salah gue, nanti gue di tuntut. nooooooooooooo T_T . canda gaes. 

selanjutnya lenovo, gue ga tau banyak soal lenovo tapi soal batre dan tahan lamanya pemakaian laptop, lebih baik dari asus. tentunya juga dari berbagai spesifikasi mesin ga kalah kok sama asus. intinya asus sama lenovo ini bersaing. cuman kalau di bcp bekasi agak banyakan asus sih. so, kalau kalian mau beli laptop itu kudu pakai perasaan gaes, jangan pakai nepsong(nafsu) mau yang bagus tapi ga liat kantong, sepertipenulisini* hahahha. 

ada yang bilang merek lenovo lebih bagus dari asus. ada juga sebaliknya, dan berbagai pendapat ga bisa gue tampung. gue coba cari merek lain. di kakek google itu gue nemuin, 1 merek yang buat hati ku dagdigdug. yaitu dell. dell ini ciptaan orang amerika gaes. kalau ga salah, nah disitu gue cari tau tentang dell. gue nanya sama temen yang pake asus di kelas. katanya, merek dell itu bagus. gue sercing di google, tentang laptop dell. banyak pendapat. gue simpulin gini, dell ini punya banyak kelebihan dari beberapa merek yang lain. body(badan) laptopnya sendiri pakai carbon/besi sehingga panas dari mesin bisa keluar dengan mudah kalau yang plastik itu dia nyerep panasnya. dell bagus soal kualitas barangnya. istilahnya awet lah barangnya. dan juga gue tau kalau laptop dell ga kalah bagus sama asus dan lenovo. okays, pilihan gue jatuh di dell inspiron 14 - 5447 dengan warna silver yang elegan dan tentunya bajat ga diatas 10 jutaan. setelah itu gue cari lokasi tempat penjualan laptop yang bisa nyicil bayarnya.

kliniknklinik tempat belanja online yang menyediakan laptop dengan seri yang gue cari. gue datengin lah itu tempat. berdua sama temen gue, cekidot gue berangkat dari bekasi naik motor sampai di mall mangga 2 squere, disitu gue kesasar gaes. ternyata gue salah alamat. yang seharusnya alamat itu di mall mangga 2 lantai 3, 5B. terik panas matahari nya ganahan dah, ampe gosong jari jemarin gue yang imut ini. macet, panas, ga ada mendung, asep dan banyak hal lain tak terduga. jadi gue saranin kalau mau ke mall mangga 2 itu naik kereta aja, turunnya di stasiun jayakarta atau bisa juga di stasiun kota. kalau lo turun di stasiun jayakarta, lo turun dari stasiunnya, lu jalan terus ngikutin flyover rel kereta yang ke arah stasiun kota. lurus aje, tepat disamping flyover rel itu ada mall, disebelah kanannya gaes. atau ga lu tanya aja mall mangga 2 dimana.. terus kalau turun di stasiun kota, lo tinggal keluar dari stasiun terus lu tanya aja sama tukang angkot. bang mall mangga 2 dimana bang.. nanti tinggal naik angkot aja gaes. sekali. atau jalan juga sampe *bagiyangtaujalanaja*. 

sampailah gue di toko kliniknklinik, tempat pembelanjaan online selain bhinneka. cuman tempatnya nya belum sebesar bhinneka aja. tapi rekomendasi buat kalian kalau ga nemu di bhinneka coba aja ke kliniknklinik. bukannya promosi ye, tapi emang beberapa di bhinneka kadang ga ada. nah gue nanya tentang prosedur pembelian laptopnya gimana kan.. nah disitu dia bilang bisa cash dan bisa kredit. gue ga kepikiran buat pake kredit. karena ga punya kartunya.

gue nanya-nanya sama abang spgnya. jadi gini.
kalau pakai kartu debit itu bisa gaes, tapi lo mesti gesek dulu di atm dan keluarin duit seharga laptopnya dan lo bayar cash disitu. alias lo bayar langsung lunas. ngerti kan? jadi intinya kalau pakai kartu debit bisa tapi kudu diambil dulu uangnya dan bayar langsung lunas.
kartu kredit alias kartu ngutang. disitu kalian bisa nyicil gaes. tergantung lu mau tenor berapa bulan. ada yang 3 bulan, 6 bulan da 12 bulan. nah, kartu kredit ini cuman bisa buat kalian yang udah punya kerjaan atau orang yang udah bekerja dan punya slip gaji yang jelas. sebab syarat dari pembuatan kartu kredit ini, lo mesti punya slip gaji, kerja dimana, dan beberapa syarat lainnya. jadi ga mudah buat kalian anak kuliah yang butuh laptop tapi pengen nyicil. udah lah, mending lo urungkan niat lu kalau belum punya duit cash. tapi tenang, gue ada solusinya, kalian pinjam aja kartu kredit sodara atau keluarga. nah nanti kalian ke bank buat minta uang sebesar sekian juta (uang yang kita butuhkan) contoh 10 juta nih. nah, nanti 10 juta ini dikasih sama bank atau bisa kita bilang ini kaya ngasih cuma-cuma. uang ini bisa kalian pakai langsung buat beli laptop, caranya dateng aja ke tokonya, gesek kartu (bayar) baru deh dapet barangnya. kalau kalian bayar disitu barangnya juga langsung diambilin. eitsss, jangan lupa, uang 10 juta ini tentunya ga gratis. inget namanya. kartu kredit/kartu kredut/ kartu ngutang. jadi kalian harus nyicil setiap bulannya dengan tenor yang udah kalian tentuin. misal ambil tenor 12 bulan. jadi selama 12 bulan itu kalian harus bayar cicilan yang udah di tentuin sama pihak bank. intinya gini kalau pakai kartu kredit. kalian beli barang tapi yang bayarin full itu si bank. nah nanti bank minta pertanggung jawaban lu buat ngembaliin pinjeman dengan cara di cicil ke bank. ada syarat yang harus kalian ingat benar-benar kalau pakai kartu kredit. bayar cicilan harus tepat waktu atau kalau bisa h-3 sebelum jatuh tempo. kalau kalian telat kalian akan disamperin, di telponin, di cari-cari kaya penjahat. wkakawkwak. ya gitu lah, siap-siap juga buat bayar bunganya gaes. 

nah atau kalian juga bisa ke pegadaian barang. kalian beli laptop dengan cara menggadaikan barang agan-agan. contoh lo punya motor cbr atau moge. nah lo datengin langsung ke pegadaian. di pegadaian itu ada 2 macam. ada pegadaian pusat dan pegadaian cabang. kalau di pegadaian cabang sistemnya kalian harus ngasih bpkb motor yang mau di gadein + surat keterangan usaha tapi motor kalian ga ditahan. jadi kalian kudu punya usaha dulu gaes baru bisa dapet uangnya. wahahahaha. kalau di pegadaian pusat itu bisa kok cuman pakai bpkb motor aja, tapi motornya kudu di tahan gaes. alias motor dan bpkb nya ditinggal di pegadaian tersebut. jasa selain pegadaian ada kok, coba aja ke fif. biasanya cmn bpkb, stnk, sim,kk, ktp dan apalagi gue lupa. intinya motor lo ga di bawa/ditahan. atau bisa juga lu suruh orang dari fif itu dateng langsung kerumah lu. tinggal telpon nomer pribadinya aja. nanti dia yang dateng.

nah yang terakhir nih uang cash. lebih enak kalau kita punya planning dari jauh-jauh hari sebelum membeli laptop atau barang. so, di hari h nya kalian tinggal menikmati hasil kerja keras kalian.

nah lanjut cerita. gue akhirnya pindah ke toko dell nya langsung. gue tanya-tanya disitu sama mas spgnya. seujon-ujonnya gue tanya/ jangan malu bertanya nanti tersesat dalam kebingungan gaes. wkwkwkw. naah disitu akhirnya gue mikir gaes. mau beli di toko yang 1 atau yang 2. kalau gue beli di toko 1, gue dapet barang tapi ga terjamin keaslian barangnya. menurut pendapat gue gitu. sebab kita ga tau itu barang dalemnya masih asli atau udah di oprek(diotak-atik) tapi kita bisa dapet beberapa software seperti microsoft office secara gratis dan lain-lain. kalau di dell nya langsung kita beli dapet garansinya terjamin dan pastinya daleman dari barang itu asli dong. soale di vendor dellnya langsung. logika gue gitu. tapi pas beli di vendor nya langsung, lo ga dapet tuh yang namanya microsoft officenya. gue malah di tawarin mau prodok officenya sekalian atau ga. kalau mau sekalian, gue harus bayar lagi 1 juta sekian tapi itu cuman dapet word, excel sama powerpoint. cuman 3 bayarnya 1 juta. mending gue beli kaset terus install. dengan segan gue jawab. ga usah mas, nanti aja itu mah gampang. yaudah gue beli deh. nah pas gue beli itu gue dapet beberapa item.
karena laptop yang gue beli ga ada cd drivenya langsung di laptop jadi.. "
1. gue dapet laptopnya, cek kondisi fisik secara keseluruhan, atas bawah kalau ada yang lecet tukerin aja.
2.gue dapet dvd portable gaes. buat cd tadi lhooo. jadi kalau optik dari cd drivenya error ga perlu bawa laptop. cukup ganti portable nya aja. hehehe. jadi ga mahal biaya servicenya
3. gue dapet tas gratis dari dell.
4. dapet kaset dell dan box-box.
kalau beli jangan lupa cek spesifikasi barangnya. udah bener atau belum kalau ada yang aneh atau beda, lu tanya aja sama mas-masnya. 
ya mungkin cukup sekian aja berbagi pengalamannya. dikarenakan mata sudah 5 watt. jadi harus diistirahatkan. 

terimakasi buat kalian yang udah sempet ninggalin comment dibawah. :3

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Sands Casino: $20M Resort to Be Sold in Las Vegas
In a bid to keep 메리트 카지노 주소 the Resorts Casino Resort septcasino in Las Vegas alive as it continues to build its Las Vegas, choegocasino Nevada luxury resort, Sands

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons